GCK DIY Berbagi Tips Mengelola Beasiswa

GCK DIY Berbagi Tips Mengelola Beasiswa

The Miracle is this,  the more we share,  the more we have – Leonard Nimoy-

Sebuah quote dari Leonard Nimoy menjadi sebuah inspirasi bagi GCK untuk terus berbagi dalam hal pencerdasan dalam pengelolaan keuangan. Salah satu cara berbagi adalah pada tanggal 10 Februari 2018, bertempat di Universitas Sebelas Maret, GCK berkesempatan untuk menjadi pembicara dalam rangkaian acara development skill penerima beasiswa dari Hoshizora Foundation. Dalam acara ini, di ikuti oleh 50 peserta adik bintang (sebutan penerima beasiswa) dari Universitas berbagai daerah di  Jawa Tengah dan Jawa Timur.

GCK diwakili oleh ketua GCK periode 2018, Vivi Usmayanti dengan pembicara pertama serta Ketua GCK 2017, Sariyatul Ilyana sebagai pembicara kedua pada sesi Cerdas dalam Mengelola Keuangan. Turut serta dibantu oleh anggota GCK divisi CnE (Creative and Education), Elma Nur Hikmah,  Arfiana Dewi, Andini, dan Fahmia Robiatun.

Sesi ini dibagi menjadi dua bagian. Pertama, adik bintang mendengarkan materi dari pembicara beserta video yang bertemakan berbagi. Ini dikarenakan, kebanyakan mahasiswa baru dalam mengelola keuangan, mereka hanya berfokus kepada menghabiskan atau mengalokasikannya untuk menabung. Tapi disisi lain, hal yang sangat penting untuk ditanamkan adalah niat berbagi kepada sesama.

Kemudian, adik bintang dibagi dalam enam kelompok kecil yang dimentori oleh tim GCK untuk praktik pengelolaan keuangan selama 1 bulan. Tujuan dari diadakannya sesi ini yaitu memberi kesempatan kepada adik bintang untuk mengeksplore ide dan mengelola kebutuhan mereka sesuai dengan beasiswa yang mereka dapatkan. Di sisi lain, dengan langsung praktik, adik bintang dapat secara mandiri menentukan apa yang sebenarnya mereka butuhkan dan apa yang hanya menjadi sekedar keinginan.

Inilah salah satu rutin GCK untuk mengedukasi masyarakat, terutama segmen remaja. Seperti kalimat dari Ronald Reagan, We can’t help anyone, but Everyone can help someone, yang menjadi penyemangat GCK untuk terus menebar kebaikan.

Salam,

By : Vivi Usmayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *