GCK Selenggarakan Outbond bagi Anggota Baru Tahun 2018

GCK Selenggarakan Outbond bagi Anggota Baru Tahun 2018

Generasi Cerdas Keuangan (GCK) menyelenggarakan outbond guna mengakrabkan para anggota baru  yang masuk pada awal 2018. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Griya Persada Hotel and Convention Hall pada Minggu, 11 Februari 2018 dengan difasilitasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) cabang Yogyakarta. Sebelumnya perlu untuk diketahui bahwa GCK merupakan komunitas relawan berada di bawah OJK yang mempunyai tugas pokok melakukan literasi keuangan pada masyarakat. Atau dengan kata lain, GCK merupakan “anak” dari OJK.

Outbond tersebut merupakan kegiatan perdana bagi para anggota baru GCK 2018. Diikuti oleh 36 anggota GCK 2018 mulai dari pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Terdiri dari dua sesi, yaitu sesi pagi hingga siang berupa outbond berada di lapangan, sedangkan siang hingga menjelang sore materi pelatihan public speaking dari Swaragama Training Center (STC) berada di dalam ruangan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah: pertama, untuk mengakrabkan seluruh anggota baru GCK 2018 agar menjadi “keluarga” yang solid dalam melakukan literasi keuangan pada masyarakat luas. Kedua, meningkatkan kemampuan olah bicara (public speaking) para anggora baru GCK 2018 agar mudah dalam menyampaikan materi literasi keuangan pada publik dan mampu meng-influence audince dengan baik.

Pelatihan peningkatan skill public speaking ini dirasa penting dilakukan dalam rangka meningkatkan rasa percaya diri (confident) para anggota baru GCK 2018. Sebab tugas mereka dalam mengedukasi masyarakat, selain dengan kemampuan public speaking yang baik, juga dengan rasa percaya diri. Maka, sangat tepat apabila sebelum bertugas mereka dibekali pelatihan peningkatan kemampuan public speaking.

Adapun kegiatan selanjutnya adalah Training of Trainer (TOT) yang diselenggarakan pada Rabu, 14 Februari 2018 di kantor perwakilan OJK cabang Yogyakarta. TOT ini merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya dengan lebih memfokuskan pada peningkatan kemampuan para anggota baru GCK 2018 dalam melaksanakan edukasi keuangan pada masyarakat. Harapan ke depannya, dengan adanya serangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh GCK-OJK ini, proses literasi keuangan pada masyarakat semakin giat digencarkan dan membuahkan hasil sebagaimana yang diinginkan. Semoga!

By : Misbahul Munnir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *