Simak Tips Berikut Sebelum Melakukan Pinjaman Online!

Simak Tips Berikut Sebelum Melakukan Pinjaman Online!

Disusun Oleh: Olla Agustia Leriani (Divisi Media GCK 2019) & Putri Raihana Nur Aulia (Divisi Public Relation GCK 2019)

Seiring jalannya waktu, kehidupan masyarakat juga akan semakin dinamis. Tak terkecuali pada kebutuhan masyarakat yang selalu meningkat. Kebutuhan manusia jumlahnya tidak terbatas. Akan tetapi, sumber daya yang digunakan untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut jumlahnya hanya terbatas. Salah satu sumber daya yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan adalah uang. Uang bisa didapatkan dari berbagai usaha yang dilakukan manusia seperti bekerja. Akan tetapi, seringkali uang yang dimiliki tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan kita. Salah satu cara yang biasa digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah mengajukan pinjaman uang.

Seperti yang kita ketahui bahwa pinjaman uang bisa didapatkan dari perbankan, Badan Perkreditan Rakyat (BPR), dan koperasi. Memasuki Era Revolusi Industri 4.0, teknologi mulai diterapkan ke berbagai aspek kehidupan masyarakat seperti aspek politik, budaya, sosial, dan ekonomi. Oleh karena itu, pengajuan pinjaman yang merupakan aspek ekonomi kini berkembang menjadi pinjaman online. Pinjaman online lebih diminati oleh masyarakat karena lebih mudah dalam prosedur pengajuan yang biasanya hanya membutuhkan KTP saja. Selain itu, pencairan dana pada pinjaman online sangat cepat bahkan dalam waktu satu hari bisa langsung beres. Akan tetapi, dengan berbagai kemudahan dalam mengajukan pinjaman online, ada beberapa hal yang harus kita waspadai. Seperti yang dipaparkan oleh Hudiyanto, Ketua Divisi Perlindungan Konsumen dari Otoritas Jasa Keuangan, ada 4 hal yang peru diperhatikan mengenai pinjaman online.

  1. Pastikan Aplikasi Pinjaman Online tersebut Legal

Pilihlah aplikasi pinjaman online yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) karena dapat menjamin nasabah yang meminjam di aplikasi pinjaman online tersebut. Jika konsumen merasa dirugikan oleh aplikasi pinjaman online yang tidak terdaftar di OJK, maka OJK tidak bisa melindungi konsumen tersebut.

  1. Baca Syarat dan Ketentuan Pinjaman Online dengan Cermat, Sebelum Mengambil Keputusan

Seringkali, meminjam adalah suatu cara pintas untuk memenuhi kebutuhan. Jangan terburu-buru, baca terlebih dahulu syarat dan ketentuan menjaukan pinjaman online. Kerugian yang dialami masyarakat biasanya disebabkan karena kurangnya literasi konsumen mengenai syarat dan ketentuan mengenai produk keuangan.

  1. Pahami Kondisi Keuangan Anda

Dengan meminjam uang, peminjam akan berkewajiban untuk mengembalikan pokok pinjaman beserta bunga pinjaman. Pahami kondisi keuangan anda dan pastikan anda mampu mengembalikan pinjaman.

  1. Setelah Mengajukan Pinjaman Online, Pastikan Anda Membayar Cicilan Sebelum Tanggal Jatuh Tempo

Pastikan anda membayar cicilan pinjaman tepat waktu. Jika anda membayar melebihi waktu jatuh tempo maka sistem rentenir dari beberapa pinjaman online akan menghubungi kerabat-kerabat anda untuk meyuruh anda melunasi hutang anda. Hal tersebut membuat nama baik anda bisa tercemar. Oleh karena itu waspadai pinjaman online!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *