Kepribadian dan perilaku keuangan

Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Kepribadian sendiri bisa berupa watak yang tidak bisa diubah, serta watak yang bisa diubah. Perubahan kepribadian bisa terjadi akibat didikan orang tua, lingkungan sekitar, dan bahan bacaan.

Pembelajaran Literasi Keuangan di SD Muhammadiyah Sapen

Lalu, apa kaitannya dengan perilaku keuangan (financial attitude)? Dalam membuat sebuah keputusan keuangan, orang dengan kepribadian yang berbeda bisa membuat keputusan keuangan yang berbeda pula. Aspek kepribadian seringkali mempengaruhi manajemen keluarga sehingga penting dan perlu kita bahas lebih mendalam.

Kepribadian merupakan salah satu indikator yang signifikan mempengaruhi perilaku keuangan. Penggunaan tipe-tipe kepribadian yang digunakan relatif menggunakan big five. 5 tipe kepribadian menurut Arijanto (2010) adalah:

  1. Tipe pribadi hemat

Pribadi jenis ini tidak suka membelanjakan uang untuk sesuatu yang tidak perlu, bahagia melihat rekening tabungan terus bertambah tiap bulan, senang menawar harga termurah saat belanja dan menggunakan pasar biasa sebagai tempat belanja favorit. Orang bertipe ini, hidup sesuai batas kemampuan namun kurang berani mengambil risiko berinvestasi.

  1. Tipe pribadi pemboros

Senang membeli barang-barang yang tidk diperlukan, senang membuat orang lain terkenan dengan memberi hadiah mahal, memiliki lbih dari dua kartu kredit. Oleh sebab itu, orang bertipe ini tahu cara menikmati hidup namun gaya hidup boros menyebabkan mudah terjebak dalam jebakan utang berlebihan.

  1. Tipe pribadi suka menghamburkan uang

Pada dasarnya orang bertipe ini memiliki naluri untuk menabung, tetapi juga tidak pelit dan dapat menikmati pengeluaran.

  1. Tipe pribadi suka cemas

Memiliki kebiasaan cemas terhadap masalah uang sehingga perlu menuliskan setiap kekhawatiran dan jangan ragu meminta rekomendasi perencana keuangan dari orang lain yang memiliki kemampuan mengelola keuangan.

  1. Tipe pribadi berjiwa sosial

Seseorang yang dapat memfokuskn diri terhadap sesuatu yang lebih penting dan bermakna dalam kehidupan namun dapat membuat kondisi keuangan anda bermasalah karena mengeluarkan uang untuk kegiatan sosial melebihi batas kemampuan keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *