Selamat Datang di Website Generasi Cerdas Keuangan

TENTANG GCK

(GENERASI CERDAS KEUANGAN)

Pemuda  merupakan agen perubahan yang menjadi harapan besar bagi kemajuan bangsa ini. Tak bisa dielakkan, pemuda menjadi tumpuan untuk kemajuan bangsa di masa depan. Kemajuan bangsa  bisa diraih  dengan kontribusi nyata yang mampu menciptakan perubahan. Banyak permasalahan di negeri ini yang membutuhkan peran generasi muda untuk memecahkannya. Salah satu pemasalahannya adalah minimnya pengetahuan literasi atau melek keuangan di masyarakat. Seperti yang kita ketahui, saat ini marak terjadi masalah keuangan baik anak-anak, remaja, dan orang dewasa dengan situasi masalah masing-masing.  Misalnya saja, pada anak-anak dan remaja, tingkat konsumsi yang tinggi dan tingkat tabungan yang rendah dapat menjadikan generasi yang konsumtif. Sedangkan pada orang dewasa, investasi bodong yang sudah merebak di masyarakat akan merugikan masyarakat jika tidak dibekali dengan ilmu literasi keuangan yang baik.
Karena itulah, di Yogyakarta, sekumpulan pemuda mengembangkan sebuah komunitas sosial bernama Generasi Cerdas Keuangan. Sebagian besar pemuda yang tergabung dalam komunitas ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) UNY. Misi dari komunitas ini  yaitu meningkatkan literasi keuangan masyarakat. Generasi Cerdas Keuangan mendapat dukungan baik dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY dalam melaksanakan misi sosial ini.
Komunitas ini berdiri sudah hampir satu tahun. Berbagai kegiatan pendidikan keuangan telah dilakukan. Sosialisasi dan edukasi gencar dilakukan pada berbagai segmen masyarakat, baik anak-anak, remaja, dan juga orang dewasa. Sosialisasi dan edukasi dilakukan dengan cara turun langsung di masyarakat, di sekolah, menulis artikel di koran,  juga on-air di radio, dan juga melalu kegiatan edukasi di Rumah Cerdas Keuangan.
Para volunteer yang melakukan sosialisasi dan edukasi ini tidak langsung turun ke masyarakat tanpa bekal. Volunteer Generasi Cerdas Keuangan dibekali ilmu melalui Training of Trainers yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan DIY. Tujuan Training of Trainers adalah agar para relawan memiliki kesiapan ilmu dan diri dalam melakukan literasi keuangan di masyarakat.
Kegiatan sosial yang dilakukan oleh komunitas Generasi Cerdas Keuangan ini adalah wujud respon generasi muda terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat. Harapannya, dengan adanya kegiatan sosial ini mampu meningkatkan literasi keuangan masyarakat sehingga masyarakat mampu meningkatkan kesejahteraannya masing-masing.
 Generasi Cerdas Keuangan mendapat perhatian dari TVRI Yogyakarta,  yang telah meliput berbagai kegiatan yang telah dilakukan dan dikemas dalam program Wedang Uwuh yang akan ditayangkan 15 Desember 2016 jam 15.  Semoga Generasi Muda terus menjadi mata air, yang selalu memberi manfaat bagi sekitarnya. Salam Cerdas Keuangan. (ilyana/fadhli)