Alasan Harus Investasi di Tengah Pandemi

ALASAN HARUS INVESTASI DI TENGAH PANDEMI
Oleh Rima Sukmawati dan Angga Rizki F

 

Sudah setahun lebih kita hidup berdampingan dengan pandemi Covid-19. Dampak di berbagai sektor kehidupan pun sudah dirasakan, salah satunya dunia investasi. Pandemi memang membuat sebagian besar masyarakat was-was untuk berinvestasi karena kondisi yang serba tak menentu. Setelah virus Covid19 ditemukan, tren IHSG terlihat menjadi sangat menurun. Adanya tren IHSG yang menurun membuat para investor menjadi lebih memilih untuk menarik dananya dari pasar modal. Terlebih mengingat titik terendah IHSG yang sempat terjadi di tahun 2020 lalu. Namun, pada dasarnya justru di masa pandemi ini kita wajib untuk memberanikan diri agar tetap berinvestasi. Nah, berikut beberapa alasan kenapa kamu tidak boleh takut berinvestasi di masa pandemi :

 

  • Investasi untuk masa depan

Perlu diingat, bahwa investasi merupakan simpanan yang kamu gunakan untuk masa depan. Jangka panjang atau pendek, investasi merupakan fasilitas keuangan yang memang diperuntukan demi persiapan masa depan kamu. Hal ini karena investasi, memberikan bunga atau keuntungan yang lebih daripada tabungan biasa. Faktor inilah yang membuat jatah simpanan untuk investasi tidak boleh kosong.

Penting untuk diingat juga, bahwa tabungan atau uang pensiun, suatu saat bisa habis. Oleh karena itu, investasi bisa memberikan jaminan untuk masa depan yang mapan. Apalagi jika kamu berniat memiliki penghasilan pasif, maka memulai investasi harus dilakukan sejak dini.

 

  • Lebih siap saat recovery

Kamu pasti membutuhkan uang untuk bertahan hidup di masa pandemi ini. Nah, di masa ekonomi mengalami proses recovery, kamu membutuhkan lebih banyak uang lagi. Jika selama resesi akibat pandemi ini penghasilan kamu berkurang karena berbagai hal, misalnya pemutusan hubungan kerja (PHK) atau pemotongan gaji, maka kamu harus memiliki simpanan untuk menyambut masa recovery.

Sedangkan bagi kamu yang memiliki usaha, biaya promosi atau pemasaran pasti akan meningkat. Hal ini menyebabkan anda harus segera memanfaatkan momen recovery dan mendapatkan pelanggan.

Apabila selama masa resesi keuntungan usaha berkurang, maka dana dari investasi inilah yang akan membantu kamu. Kemudian miliki investasi yang bisa dicairkan dalam tempo enam bulan sampai satu tahun ke depan untuk membantu di masa recovery ekonomi nanti. Tentu saja tidak melupakan investasi jangka panjang untuk persiapan masa depan.

 

  • Investasi justru mengamankan dana kamu 

Jika kamu menyimpan uang di tabungan biasa, maka godaan untuk mencairkan dan menggunakan uang kamu juga besar.Apalagi jika penghasilan berkurang, dan kamu harus menggunakan tabungan untuk menutupi kebutuhan bulanan. Berbeda dengan investasi, kamu hanya bisa mencairkan dana sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan. 

 

  • Alokasikan Investasi dalam Beberapa Instrumen

Hal ini penting untuk dilakukan sebab bakal mengurangi risiko kemungkinan buruk dan mempengaruhi salah satu aset investasi. Jadi, bila ada satu instrumen yang mengalami kerugian, kamu bisa mengelolanya instrumen lainnya, sehingga kamu tidak perlu merasa khawatir semua aset akan mengalami kerugian.

Untuk itu selama pandemi ini ada baiknya kamu memperluas instrumen investasi kamu, agar dana aman jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

Nah, tunggu apalagi? Masih ragu buat investasi di masa pandemi?

 

 

Sumber:

https://akurat.co/3-alasan-kamu-harus-tetap-berinvestasi-meski-pandemi-sekalipun 

https://www.beritasatu.com/ekonomi/651505/enam-alasan-utama-harus-investasi-di-tengah-pandemi 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *